fifkifjk
Copyright Zona Pelajaran. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Quote

Search

Memuat...

Dasar dan Kompetensi Kejuruan dalam Akomodasi Perhotelan



1. Dasar Kompetensi Kejuruan Akomodasi Perhotelan 
a. Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan 
1). Mampu berkomunikasi secara efektif dengan teman kerja dan pelanggan 
2). Memberikan bantuan kepada teman kerja dan pelanggan sesuai standard pelayanan 
3). Mampu menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam tim 
b. Bekerja di lingkungan yang berbeda secara sosial 
1). Mampu berkomunikasi secara efektif dengan beragam latar belakang budaya 
2). Mampu menerapkan cara yang tepat dalam menangani masalah yang timbul akibat kesalah pahaman antar budaya 
c. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja 
1). Memahami tanda-tanda peringatan bahaya di tempat kerja 
2). Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja 
3). Mampu menangani situasi darurat sesuai standar operasional prosedur 
d. Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri perhotelan 
1). Memahami sektor-sektor industri perhotelan 
2). Memahami hubungan antara industri perhotelan dengan industri lain yang terkait 
3). Memahami peraturan yang berlaku di industri 

2. Kompetensi Kejuruan Akomodasi Perhotelan 
a. Berkomunikasi melalui telepon 
1). Memahami tata cara bertelepon yang baik sesuai standar pelayanan 
2). Menerapkan tata cara menerima telepon dengan baik di temapt kerja 
3). Mampu melayani sambungan telepon bagi tamu internal dan eksternal 
b. Menerima dan memproses reservasi 
1). Memahami fungsi dan tugas bagian reservasi 
2). Menerima dan memproses permintaan reservasi melalui berbagai metode reservasi 
3). Menawarkan produk dan fasilitas hotel lainnya kepada tamu 
4). Menangani cara pembayaran pada saat pemesanan kamar dari tamu 
c. Menyediakan layanan akomodasi reception 
1). Memahami tugas dan fungsi bagian reception 
2). Menyiapkan dan menerima kedatangan tamu individual dan rombongan 
3). Menyiapkan dan mengorganisir keberangkatan tamu 
4). Memproses pergantian kamar, tamu tidak jadi datang, tinggal lebih lama dan keberangkatan lebih awal 5). Membuat dan mendistribusikan laporan kantor depan 
d. Menyediakan layanan porter 
1). Memahami tugas dan fungsi bagian porter 
2). Memberikan layanan bell desk sesuai kebutuhan tamu 
3). Menangani barng-barang bawaan tamu tiba, pindah kamar dan berangkat 
4). Memproses penitipan barang tamu sementara
e. Membersihkan lokasi/ area dan peralatan 
1). Memahami tugas dan fungsi bagian area umum 
2). Mampu memilih peralatan dan bahan pembersih 
3). Menggunakan peralatan dan bahan pembersih sesuai dengan standar 
4). Mampu menangani permasalahan yang berhubungan dengan area Kerja 
5). Memelihara dan menyimpan peralatan dan bahan pembersih 
f. Menyiapkan kamar untuk tamu 
1). Memahami tugas dan fungsi bagian kamar 
2). Mengenal perlengkapan kamar tamu sesuai standar hotel 
3). Memilih dan menata perlengkapan kamar tamu pada trolley 
4). Menata kamar sesuai standar pelayanan 
5). Menangani permasalahan yang berhubungan dengan penemuan dan kehilangan barang tamu dan hotel 
6). Membuat laporan yang berhubungan dengan pekerjaan pelayanan di dalam kamar tamu 
g. Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu 
1). Memahami tugas dan fungsi bagian order taker 
2). Memahami prosedur pengiriman dan pengambilan barang housekeeping yang dipinjam oleh tamu 
3). Memberikan layanan housekeeping sesuai kebutuhan tamu 
4). Menangani permasalah yang timbul akibat pelayanan yang kurang memuaskan tamu 
h. Menangani linen dan pakaian tamu 
1). Memahami tugas dan fungsi bagian laundry 
2). Mengenal jenis-jenis noda, peralatan, bahan pembersih, tehnik- tehnik pencucian dan pengemasan barang cucian tamu 
3). Melakukan prosedur pencucian sesuai standar operasinal prosedur 
4) Membuat rekening laundry dan laporan penerimaan dan pengembalian cucian tamu
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori SMK (X) Akomodasi Perhotelan dengan judul Dasar dan Kompetensi Kejuruan dalam Akomodasi Perhotelan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zonapelajaran.blogspot.com/2013/07/dasar-dan-kompetensi-kejuruan-dalam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Filezone - Kamis, 18 Juli 2013

2 komentar untuk "Dasar dan Kompetensi Kejuruan dalam Akomodasi Perhotelan"

  1. min filezone izin salin min dengan credit by url blog admin trimakasih,, nice post
    main ke sini gan e-learningakomodasiperhotelanku.blogspot.com

    BalasHapus

  2. OBAT PEMBESAR PENIS
    ALAMI VIGRX PLUS ASLI
    Cara Pembesar Penis dan Panjang penis tercepat di Dunia.
    VigRX Plus Asli Merupakan Obat Pembesar Penis Alami Bersifat Pemanen, VIGRX PLUS ASLI Mampu Mengatasi Masalah Ukuran Penis Pria Selama Belasan Tahun, Buktikan Sendiri Manfaat Dari Obat Vigrx Plus Dalam Memperbesar Ukuran Penis, Kehebatan Dan Keampuhan Pembesar Penis VigRX Plus sudah sangat terkenal di Dunia. Anda berhak meniikmati Kehidupan Seksualitas Yang Selama Ini Anda Impikan, dapatkan semua itu dengan mengkonsumsi Obat Pembesar Penis no.1 VigRx Asli.
    VIGRX PLUS ASLI , Terus Berinovasi Untuk Memberikan Suplemen Herbal Terbaik Untuk Kinerja Penis Anda Dan Lebih Tahan Lama Di Tempat Tidur. Inilah Saatnya Untuk Menikmati Kehidupan Seksual Yang Luar Biasa. Aspek Paling Penting Dalam Hubungan Adalah Rasa Intim Antara Keduanya. Dalam Waktu Singkat, Anda Akan Melihat Hasil Yang Signifikan Dari Pemakaian Pembesar Penis VigRX Asli Dan Mengubah Fisik Anda Ke Kondisi Prima. Apa Yang Selama Ini Anda Benar-Benar Inginkan! Apa Yang Selama Ini Selalu Anda Dambakan!
    AGEN OBAT 69
    Call Center Hp : 0821 3495 8895
    ( SMS ) 24JAM : 0856 0795 4414
    Pin BlackBerry: 25C7 157B


    http://agenobat69.com/


    - Obat kuat pria
    - VIMAX PILLS ASLI
    - OBAT PEMBESAR PENIS
    - Vigrx asli
    - Lintah Oil
    - Alat Pembesar Penis
    - Celana Vakoou
    - Obat Pembesar
    - Obat kencing manis
    - toko alat sex
    - jual alat bantu sex wanita
    - alat bantu seksual wanita

    BalasHapus